PBI(Problem Based Instruction) = PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

Pengertian

ž  Dewey (dalam Trianto, 2007:67), belajar berdasarkan masalah adalah interaksi antara stimulus dan respons, merupakan hubungan antara dua arah, belajar dan lingkungan.

ž  Menurut Arends (1997, dalam Trianto, 2007:68), PBI merupakan pembelajaran yang menuntut siswa mengerjakan permasalahan yang otentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir lebih tinggi, mengembangkan kemandirian dan percaya diri.

ž  PBI juga bergantung pada konsep lain dari Bruner, scaffolding, yaitu suatu proses yang membuat siswa dibantu menuntaskan masalah tertentu melampaui kapasitas perkembangannya melalui bantuan (scaffolding) dari seorang guru atau orang lain yang memiliki kemampuan lebih.

ž  PBI dimulai dengan masalah kehidupan nyata yang bermakna, yang memberi kesempatan kepada siswa dalam memilih dan menentukan penyelidikan apa pun baik di dalam maupun di luar sekolah sejauh itu diperlukan untuk memecahkan masalah (Ibrahim dan Muhammad Nur, 2005: 23).

Karakteristik

ž  Pengajuan pertanyaan atau masalah.

ž  Berfokus pada keterkaitan antardisiplin.

ž  Penyelidikan autentik.

ž  Menghasilkan produk dan memamerkannya.

ž   Kolaborasi.

Manfaat

—  untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, dan keterampilan intelektual; belajar berbagai peran orang dewasa melalui pelibatan mereka dalam pengalaman nyata atau simulasi; dan menjadi pembelajaran yang mandiri.

Tujuan

Menurut Arends (1997), ada 3 tujuan utama dari PBI, yakni:

}  Mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam kemampuan memecahkan masalah.

}  Mendewasakan siswa melalui peniruan.

}  Membuat siswa lebih mandiri.

Sintaks PBI

  1. 1.      Orientasi siswa pada masalah

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, logistik yang dibutuhkan, mengajukan fenomena atau demonstrasi atau cerita untuk memunculkan masalah, memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemecahan masalah yang dipilih

  1. 2.      Mengorganisasikan siswa untuk belajar

Guru membantu siswa untuk mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut

  1. 3.      Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok

Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah

  1. 4.      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model, serta membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya

  1. 5.      Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

Pelaksanaan PBI

  1. Tugas-tugas Perencanaan

–          Penetapan tujuan

–          Merancang situasi masalah

–          Organisasi sumber daya dan rencana logistik

  1. Tugas Interaktif

–          Orientasi Siswa pada Masalah

–          Mengorganisasikan Siswa untuk Belajar

–          Membantu Penyelidikan Mandiri Ataupun Kelompok

–          Analisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah

  1. Lingkungan Belajar dan Tugas-tugas Manajemen

–          Guru harus memiliki aturan dan prosedur yang jelas dalam pengelolaan, penyimpanan, dan pendistribusian bahan.

–          Guru harus menyampaikan aturan, tatakrama/sopan santun yang jelas untuk mengendalikan tingkah laku siswa ketika mereka melakukan penyelidikan di luar kelas, terlebih ketika melakukan penyelidikan di masyarakat.

  1. Evaluasi

–          Tugas evaluasi yang sesuai untuk model ini terutama terdiri atas menemukan prosedur penilaian alternatif yang akan digunakan untuk mengukur pekerjaan siswa, misalnya dengan penilaian kinerja dan peragaan hasil.

Kelebihan dan Kekurangan PBI

Kelebihan

ž  Siswa dilibatkan pada kegiatan belajar sehingga pengetahuannya benar-benar diserapnya dengan baik.

ž  Dilatih untuk dapat bekerjasama dengan siswa lain.

ž  Permasalahan dan pemecahannya dapat diperoleh dari berbagai sumber.

Kekurangan

  • Untuk siswa yang malas tujuan dari metode tersebut tidak dapat tercapai.
  • Membutuhkan banyak waktu dan dana.
  • Tidak semua mata pelajaran dapat diterapkan dengan metode ini.

Sumber: berbagai buku pendidikan tentang PBI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s